Just another free Blogger Template by www.freebloggertemplate.info

Pages

cara belajar yang efektif


Sebagai seorang insanpembelajar seperti saya :) maka kita harus belajar dengan cara yang benar-benar efektif agar apa yang kita pelajari dapat mengena pada diri kita , bukan hanya bisa sesaat kemudian lupa . Belajar efektif adalah sistem belajar yang bisa membuat kita paham akan apa yang kita pelajari .

Belajar efektif dapat menambah pengetahuan kita . Kalau kita belajar dengan membaca atau mendengarkan maka cara belajar efektif akan menambah wawasan kita . Kalau kita belajar dari kegagalan maka cara belajar efektif akan membuat kita tidak akan mengulangi lagi kegagalan itu . Sehingga belajar efektif sangat dibutuhkan dalam semua sisi pembelajaran .

Nah bagaimanakah cara belajar efektif itu ?

1. Kamu harus dalam keadaan tenang .
Jangan memaksakan diri untuk belajar . Membaca buku pelajaran misalnya . Kamu harus ikhlas dengan kegiatan belajar kamu . Kalau kamu belum benar-benar ikhlas untuk belajar sebaiknya kamu urungkan niat kamu untuk belajar , karena belajar kamu akan sia-sia .

2. Belajar di tempat yang nyaman .
Jika saat kamu mau belajar sedangkan di sebelah kanan-kiri kamu ada adik-adik kamu misalnya sedang ramai sendiri maka berpindahlah ke tempat yang nyaman . Jangan biarkan sesuatu mengganggu kamu agar kamu lebih berkonsentrasi pada apa yang kamu pelajari . Guru saya pernah mengatakan bahwa dia pernah belajar di sawah karena ia suka dengan sawah . Saya juga pernah belajar di tepi sungai karena saya suka tempat itu . Intinya adalah belajarlah di tempat-tempat yang kamu sukai karena kamu akan mendapatkan ketenangan disana .

3. Baca sedikit lalu pahami
Yup .. Jangan terus-terusan membaca materi yang kamu pelajari . Bacalah sedikit-sedikit . Satu paragraf misalnya , kemudian kamu pahami maksud dari yang kamu baca tersebut . Ini akan sangat efektif bagi kamu dibandingkan jika kamu hanya membaca dan membaca tanpa paham maksud dari bacaan kamu .

4. Tandai hal-hal penting
Jika kamu menemukan suatu istilah asing atau sebuah kalimat penting , kamu bisa menandainya dengan menggarisbawahi atau mencoret dengan spidol atau terserah kamu . Hal ini akan membantu kamu menemukan kembali materi yang penting menurut kamu jika suatu saat kamu membacanya kembali .

5. Bertanya kepada yang lebih tahu
Setelah kamu membaca dan memahami , tapi ternyata kamu belum paham-paham juga :) , kali ini saatnya kamu bertanya kepada orang yang kamu anggap lebih mampu atau menguasai materi tersebut . Kamu bisa coba bertanya pada kakak, temen , or guru kamu . Jangan malu bertanya ya .. malu bertanya sesat dijalan .

6. Belajar lagi dan lagi
Apa maksudnya ? supaya kamu sangat-sangat paham dengan materi yang kamu pelajari , kamu harus mempelajarinya berulang-ulang . Kalau tadi pagi disekolah kamu baru saja dijelaskan oleh gurumu tentang trigonometri . Sepulang sekolah kamu bisa membacanya kembali supaya kamu lebih paham dengan materi itu . Kamu juga bisa mengerjakan soal-soalnya tentang trigonometri tadi . Ini akan membantu kamu mempertahankan ingatan kamu tentang materi pelajaran .

Oke itu tadi tips cara belajar efektif menurut saya . Saran saya , jika kamu masih SMP sebaiknya kamu banyak belajar dan menghafal pelajaran di sekolah karena di usia itu kamu belum banyak terbebani dengan masalah-masalah lain diluar sekolah sehingga kamu akan lebih mudah belajar dan menghafal . Nanti kalau kamu sudah SMA atau kuliah akan lebih sulit lagi untuk belajar dan menghafal . Dan tentu harus merubah cara belajarnya .
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.
maria dhyna darmawan

0 komentar:

Posting Komentar